Soppengkab – Pemerintah Kabupaten Soppeng, dalam hal ini Bupati Soppeng, H.A.Kaswadi, Razak, SE mengeluarkan surat edaran yang di tujukan kepada, Camat, Lurah, Kepala Desa, dan PPL.

Surat edaran yang bernomor 521/497/Pertanian/IV/2020, Tanggal 16/April/2020, tentang himbauan pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman hortikultura (Sayuran/Umbi-umbian/Buah/Toga) sebagai antisipasi dampak corona virus disease (Covid-19).

Dalam rangka menyikapi dampak dari Corona Virus Disease (Covid-I9) yang mengharuskan kita melakukan physical distancing (menjaga jarak), social distancing (menghindari kerumunan), serta mengurangi aktivitas keluar rumah maka dihimbau kepada masyarakat Kabupaten Soppeng untuk melakukan hal sebagai berikut:

1. Melakukan kegiatan dalam mengoptimalkan fungsi pekarangan atau lahan di sekitar kediaman masing-maaing untuk melakukan Gerakan Menanam Tanaman Hortikultura, antara lain:

a. Umbi-Umbian (Ubi Kayu, Ubi Jalar. dll)
b. Tanaman Sayuran (Tomat, Cabe, Sawi, Kangkung. Kacang Panjang, Terong;
c . Tanaman Obat Utama (kunyit, Kencur, Temulawak, Jahe dan Lengkuas).

2. Bagi masyarakat yang akan melakukan kegiatan pemanfaatan pekarangan dengan penanaman tanaman hortikultura sebagaimana dimaksud pada angka 1 di atas dengan pendekatan pola pekarangan dapat menghubungi petugas Penyuluh Pertanian lapangan (PPL) setempat untuk fasilitasi teknologi dan inovasi pola pekarangan.

3. Untuk fasilitasi benih/bibit hortikultura terutama sayuran maka Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Soppeng akan menyiapkan benih/bibit sayuran (kangkung, sawi, tomat, terong, kacang panjang, cabe rawit) untuk setiap Desa/Kelurahan dalam wilayah Kabupaten Soppeng.

4. Dengan pemanfaatan pekarangan secara optimal melalui inovasi dan teknologi tanaman hortikultura (Sayuran, Umbi-umbian, Buah dan Toga) maka hal ini dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri sekaligus bisa memperoleh penghasilan tambahan dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari – hari terutama selama masa wabah virus corona masih berlangsung.