Peluncuran Program “JAGSA” (jaga Desa) Tim pengawalan dan pengamanan pemerintahan dan pembangunan daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Soppeng Penandatanganan pakta integritas kepala desa. Serta penandatanganan nota kesepakatan bersama antara TP4D Kajari Soppeng.Inspektorak Daerah Kab.Soppeng dan dinas pemberdayaan Masyarakat dan desa Kab.soppeng acara berlangsung di kantor Desa Ganra Kecamatan Ganra Kab.Soppeng 13/09/3017.
Kepala Desa Ganra KHAERUDDIN, BSW dalam Laporannya mengatakan bahwa sesuai dengan Permenkeu nomor 50 tahun 2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa yang didalamnya mengatur laporan realisasi OUTPUT pelaksanaan dana desa.


selain itu Khaeruddin menjelaskan bahwa Pemerintahan Desa dalam melaksanakan kegiatannya harus memperhatikan beberapa tahap yaitu tahap I (pertama) harus mencapai progres 50% (lima puluh per seratus) dari kegiatan-kegiatan yang diprogramkan dan 75% (tujuh puluh lima per seratus) penyerapan anggaran dari total anggaran tahap I (pertama sebagai syarat pencairan tahap II (kedua).
“Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kejaksaan Negeri Soppeng atas pembinaan dan pengawalan pemerintah dan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Se-Kabupaten Soppeng sehingga apa yang menjadi kekhawatiran serta ketakutan kita terhadap pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang anggaranya bersumber dari dana desa maupun alokasi dana desa (ADD) tidak terjadi sebagaimana di daerah lain, dan kepada rekan rekan pemerintah Desa, kami harapkan agar terus menjalin hubungan yang baik dengan prinsip kemitraan dengan Tim TP4D Kejaksaan negeri soppeng agar semua bisa mendapatkan pembinaan dan pengawalan dalam pelaksanaan program kegiatan agar bisa terhindar dari permasalahan hukum” Harap Khaeruddin


Khaeruddin menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk menciptakan sinergitas antara pemerintah desa dengan TP4D Kejaksaan Negeri Soppeng dan Para peserta kegiatan ini terdiri dari :
-Camat Se-Kabupaten Soppeng : 8 orang
-Para Tenaga AHLI,PASTI,PD,PLD P3MD :25 orang
-Para Kepala Desa Se Kab.Soppeng : 49 orang
-Para Ketua BPD Se Kab.Soppeng : 49 orang


Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE yang meresmikan sekaligus memberikan sambuta mengatakan bahwa pemerintah pusat melalui APBN pada tahun 2017 sesuai dengan surat menteri keuangan telah mengalokasikan anggaran dana desa ke pemerintah daerah desa se-Kabupaten Soppeng sebesar Rp. 41.962.571.000,00 (Empat Puluh Satu Milyar Sembilan Ratus Enam Puluh Dua Juta Lima Ratus Tujuh Puluh Satu Ribu Rupiah), sedangkan pemerintah kab.soppeng pada 2017 mengalokasikan anggaran untuk alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp. 66.410.846.224 (Enam Puluh Enam Milyar Empat Ratus Sepuluh Juta Delapan Ratus Empat Puluh Enam Ribu Dua Ratus Dua Puluh Empat Rupiah) bagi hasil pajak sebesar Rp. 1.094.000.000 ( SATU MILYAR SEMBILAN PULUH EMPAT JUTA RUPIAH) dan retribusi daerah sebesar Rp.846.460.069 ( Delapan Ratus Empat Puluh Sembilan Juta Empat Ratus Enam Puluh Tubuh Enam Puluh Sembilan Rupiah ).


“Beberapa alternatif solusi dari ketertiban dan minimnya sumber daya manusia yang melaksanakan kegiatan ini dengan memaksimalkan peranan dan fungsi pendamping desa (P3MD), Pelayanan konsultasi dan asistensi hampir 24 jam oleh semua SKPD terkait dan para camat” jelas Kaswadi
Dan melalui kesempatan ini, lanjut Kaswadi, kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada kejaksaan negeri Soppeng atas pengawalan pelaksanaan kegiatan-kegiatan di kabupaten Soppeng dan terbukti sukses, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya desa kita di kab.soppeng yang bermasalah terkait dengan anggaran desa sebagaimana telah terjadi di wilayah/Kabupaten lain.
Kaswadi menambahkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pemanfaatan anggaran pengembangan sumber daya manusia (SDM) harus melalui lembaga yang kredibel dan mempunyai fungsi pembinaan dan pemberdayaan atau dilaksanakan sendiri oleh pemerintah desa secara swakelola melalui badan kerja sama (antar) desa (BKAD).
Turut hadir Wakil Bupati Soppeng, Pimpinan DPRD Kab.soppeng, para anggota Forkopimda kab.soppeng, Para kepala SKPD Kab.Soppeng, para Camat kab.soppeng, para Kepala Desa se kab.soppeng, para tenaga Ahli, PASTI, PD, PLD P3MD kab.soppeng.