Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE membuka kegiatan Pembekalan Penanganan Kegawatdaruratan tenaga kesehatan Di Gedung Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng , Rabu 18 April 2018.
Kepala Dinas Kesehatan Sallang, S.Km dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah peningkatan mutu pelayanan dan kinerja tenaga kesehatan khususnya para petugas PSC 119 dalam penanganan kegawatdaruratan dalam melayani Masyarakat termasuk penanganan kegawatdaruratan Sosial seperti kebakaran, bencana Alam, banjir, tanah lonsor, dsb.
“Peserta berjumlah 76 Orang dari seluruh PSC yang tersebar di 8 Kecamatan se- Kabupaten Soppeng” Jelasnya.
Bupati Soppeng Dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu Visi kabupaten Soppeng yaitu pemerintah yang melayani dan lebih baik dimana pemerintahan yang melayani bermakna bahwa dalam lima tahun kedepan kehadiran pemerintah akan semakin signifikan dalam melayani rakyaknya, dan kabupaten Soppeng akan terakselerasi kemajuannya sehingga mencapai posisi sebagai daerah yang merupakan pilar utama pembangunan sulawesi selatan.
Kaswadi menyebutkan “Untuk mewujudkan visi tersebut maka ada 7 misi yang akan ditempuh, dimana misi no.6 yaitu Menjamin ketersediaan Sistem pelayanan Kesehatan Unggul dan Murah. Fokus dari misi ini adalah upaya umum dalam perbaikan pelayanan kesehatan”.
“Hal ini sejalan dengan visi ditjen bina upaya kesehatan tahun 2014-2019, salah satu target yang harus dicapai adalah akses pelayanan kesehatan yang terjangkau, Upaya penguatan akses pelayanan kesehatan antara lain dengan cara sistem Penanggulangan Gawat Darurat (SPGT) yang bertujuan memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan di bidang kesehatan” Jelasnya.
Lanjut Kaswadi “Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu (Public Safety Center) PSC 119 saat ini telah beroperasi dan mempunyai 5 unit ambulance di posko kabupaten dan 5 unit kendaraan roda 2 yang siap 24 jam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan tahun ini ada penambahan 9 unit Ambulance dan 8 unit kendaraan roda 2 yang akan di fokuskan untuk mendukung pelayanan kegawatdaruratan di 8 kecamatan”
“Berdasarkan peraturan Bupati Soppeng tentang UPTD Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu (PSC) 119 Soppeng terdapat tenaga yang bertugas di kantor PSC 119 dan terdapat juga kordinator yang ditempatkan di 8 kecamatan se Kabupaten Soppeng” Tambahnya
selain itu, lanjutnya, Koordinator tingkat kecamatan bertugas untuk melayani kasus kecelakaan dan kegawatdaruratan lainnya yang terjadi diwilayah kerja 8 kecamatan sehingga waktu penanganan (Respon Time) korban/pasien lebih cepat sampai ketempat pelayanan kesehatan dan menurunkan angka kematian dan kecacatan. PSC 119 Soppeng dimaksudkan untuk menjamin pelayanan gawat darurat sehari-hari di masyarakat dan pada saat terjadi kegawatdaruratan medik di wilayah Kabupaten Soppeng. Dan Pembekalan ini khusus untuk penanganan kegawatdaruratan guna meningkatkan mutu dan kinerja tenaga kesahatan yang ada di PSC 119.
Pembekalan ini dihadiri oleh Bupati Soppeng, Kapolres Soppeng , serta Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaran dan undangan lainnya