Pembukaan Konferensi Cabang Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Soppeng yang dilaksanakan di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng pada hari Minggu tanggal 09/07/2017
Ketua Ansor Kabupaten Soppeng Abd Rahman dalam sambutannya menuturkan mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Soppeng yang telah menfasilitasi acara ini. Seluruh Kabupaten di Sulawesi Selatan telah mempunyai pimpinan cabang Ansor makanya Soppeng juga harus sudah punya pimpinan cabang. Yang harus di pikir sekarang ini bagaimana Ideologi Pancasila dan Islam Ahlu Sunnah Wal Jamaah tertanam di hati dan pikiran seluruh anak muda NU khususnya di Banser dan Ansor. Dan bagaimana kita memperbanyak kader Ansor. Kita akan bangun komunikasi antara Kapolres dan Dandim menyangkut bagaimana ber NKRI, bagaiman ber Ahlu Sunnah Wal Jamaah. Yang menjadi tantangan ke depan bagaimana menanamkan Islam yang benar pada kader. Mudah mudahan kedepan Ansor dapat membentuk Badan usaha sendiri.

Ketua Ansor Wilayah Sulawesi Selatan H. Muh. Tonang dalam sambutannya menyampaikan selama saya menjadi Ketua Ansor Wilayah barusan kita berkonferensi di Rumah Jabatan Bupati. Baik buruknya Ansor di Soppeng tergantung dari sahabat sahabat sekalian. Olehnya itu kita tidak mau lagi ada karateker 3 kali di Ansor Soppeng. Ansor Sul Sel sekarang melaksanakan akreditasi cabang cabang. Kriteria akreditasi Ansor yaitu :
1. Sistem kaderisasi dimana setiap pengurus cabang wajib melakukan kaderisasi tiap tahun.
2. Struktur Banser sudah siap
3. Amal Usaha seperti Badan Usaha milik Ansor. Pimpinan Pusat membuat MOU dengan Kementrian Tenaga Kerja memberangkatkan 1.000 kader Ansor ke Jepang untuk magang dengan persyaratan tertentu.


Kami berharap agar para Kader Ansor di Kabupaten Soppeng dapat memikirkan bagaimana Ansor dapat berkembang di Kabupaten Soppeng.
Sambutan Ketua NU Soppeng yang diwakili oleh Drs. Kulasse menuturkan menitipkan harapan kepada kader Ansor yang secara sukarela menghidupkan organisasi Ansor di Kabupaten Soppeng dengan semangat yang tinggi. Yang penting sekarang kita harus membenahi diri dengan sucikan hati dalam arti kita harus memegang aqidah yang benar yaitu Ahlu Sunnah Wal Jamaah. Ansor itu mempunyai tugas untuk menolong orang.
Sambutan Bupati Soppeng yang dibacakan Asisten III Drs.Kamaruddin, SE, M. Si menyampaikan atas nama Pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng menyambut baik Konferensi ini yang menandakan bahwa roda organisasi tetap berjalan sebagaimana yang diharapkan. Kami menilai konferensi ini sangat penting artinya demi kelangsungan perjalanan organisasi kedepan dengan visi dan misi yang di embang yang diharapkan mendukung dan selaras dengan visi misi dan program pemerintah Daerah demi keberlangsungan pembangunan. Kami berharap kepada segenap keluarga besar Ansor di wilayah ini hal yang mutlak yang harus di miliki adalah kemampuan untuk mengendalikan diri dalam menghadapi keterbukaan informasi. Di samping itu, diharapkan pemuda Ansor dapat menciptakan program program yang brilian untuk mengobarkan dan mempertahankan idealisme bangsa. Saya berharap rumusan program yang dihasilkan pada konferensi ini akan mampu membawa perubahan pada internal organisasi serta mampu memberi kontribusi pada pembangunan di daerah Soppeng