Pembukaan Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Temuan Pengawasan Inspektorat Daerah Kabupaten Soppeng Tahun 2018

143

Pembukaan Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Temuan Pengawasan Inspektorat Daerah Kabupaten Soppeng Tahun 2018 dan Tahun-tahun sebelumnya di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Senin, 22 Oktober 2018.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Soppeng Nur Alam, SH, MH dalam laporannya menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong percepatan tindak lanjut hasil pemeriksaan guna perbaikan dan koreksi dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi dan penyelenggaraan Pemerintahan di Kabupaten Soppeng dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam penyelesaian hasil pemeriksaan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 22 s/d 23 Oktober 2018. Jumlah rekomendasi hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah tahun 2018 dan tahun tahun sebelumnya sebanyak 1.471 rekomendasi dan telah di tindak lanjuti sebanyak 973 rekomendasi. Jadi sisa rekomendasi yang belum di tindak lanjuti sebanyak 498 dengan uraian administrasi 369 dan keuangan 109 rekomendasi.

Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Soppeng Drs. Andi Muhammad Surahman, M. Si yang mewakili Bupati Soppeng dalam sambutannya menyampaikan Inspektorat Daerah sebagai Aparat Pengawas Internal tidak hanya fokus dalam kegiatan kegiatan yang bersifat mendeteksi penyimpangan namun harus merubah perannya sebagai pengawas internal yang lebih luas cakupannya dan strategis pada organisasi. Perkuatan peran lembaga pengawasan internal sebagai penjamin kualitas (quality assurance) dan asistensi/pendampingan (consulting) pada entitas SKPD sesuai arah kebijakan pengawasan agar inspektorat daerah dapat berfungsi sebagai pemberi peringatan dini (early warning) terhadap temuan pelanggaran atau penyimpangan yang berindikasi korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk mempertahankan opini WTP, maka dibutuhkan upaya dan komitmen yang kuat khususnya para kepala SKPD untuk menciptakan lingkungan pengendalian intern yang baik antara lain menyusun atau membuat SOP dan SPM untuk diterapkan secara konsisten. Demikian pula komitmen serta langkah- langkah kongkrit para pimpinan SKPD dalam menindak lanjuti seluruh temuan hasil pemeriksaan, maupun pengawasan.

Pemerinah Kabupaten Soppeng terus menerus berusaha untuk memperbaiki kualitas laporan keuangan guna mempertahankan opini WTP dan BPK, namun hal tersebut tidaklah efektif tanpa didukung dengan penyelesaian tindak lanjut setiap rekomendasi hasil pemeriksaan Aparat pengawas internal maupun eksternal, karena hal tersebut merupakan salah satu parameter yang dijadian tolak ukur penting dalam mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Oleh karena itu, saya mengingatkan kepada Saudara-Saudara untuk menaruh perhatian serius dan bersungguh-sungguh dalam menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK.”

Turut hadir dalam kegiatan ini para Kepala SKPD, Camat serta tamu undangan lainnya.