Acara Sosialisasi Pendataan dan Inventarisasi Daerah Kawasan Hutan Kabupaten Soppeng diselenggarakan di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng, Selasa 11 Februari 2020.

Dalam sambutan Tim TGUPP Sulawesi Selatan menjelaskan bahwa perlindungan terhadap hutan masih ada dengan dilakukannya rehabilitasi terhadap hutan tersebut. Serta adanya tindakan yang dilakukan oleh pemerintah pusat. Tidak hanya itu, hutan yang ada di beberapa Kabupaten perlu dikhawatirkan kerena adanya perubahan cuaca.

Bupati Soppeng dalam hal ini diwakili oleh bapak Andi Ibrahim Harta, SH. M.Si. Asisten 1 (administsrasi pemerintahan) dalam sambutannya menjelaskan bahwa Rencana kegiatan TORA merupakan salah satu mandat NAWACITA yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2019-2024 dimana didalamnya membuat agenda Reformasi Agrarian dan strategi membangun Indonesia mulai dari daerah dan desa.

Beliau juga menambahkan, melalui proses ini diharapkan agar kita dapat bersinergi lebih cepat menangkap peluang kebijakan yang berharga ini sebagai upaya penyelesaian konflik tenurial yang marak saat ini. Sehingga timbul kesepahaman untuk membangun kerja sama antara lembaga, instansi, masyarakat dan pihak-pihak terkait dalam penyelesaian masalah tanurial dan dilanjutkan dengan Penyerahan peta indikatif Tora TGUPP provinsi ke asiten

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas kehutanan prov. Sulsel, Tim TGUPP prov. Sulsel, kepala kantor balai pemantapan kawasan hutan wilayah 7 prov. Sulsel, kepala kantor wilayah ATR/BPN prov. Sulsel, pimpinan SKPD terkait kab. Soppeng, camat lurah dan kepala desa se-kab. Soppeng .