Pemda Akan Mengawasi Ketahanan Pangan di Kab.Soppeng, Ini Caranya

6

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE menghadiri Pembukaan rakor dewan ketahanan pangan tingkat kab.soppeng di ruang pola kantor bupati jalan Salotungo Watansoppeng, Sabtu 30 November 2019.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikuktura, Perkebunan dan ketahanan pangan Kabupaten Soppeng Ir. Fajar dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah Meningkatkan koordinasi dan senergitas strategi dan instrumen Dewan ketahanan Pangan kabupaten soppeng sebagai bagian ketahanan nasional serta merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan kabupaten.

Bupati soppeng dalam sambutannya menyampaikan Pertumbuhan ekonomi kabupaten Soppeng dalam tahun ini sudah meningkat diawali dengan adanya lima persen meningkat 3,05 poin dalam kurun waktu 3 tahun, berkat kerjasama membangun Soppeng dengan kebersamaan yang tinggi sehingga hal ini bisa kita capai ini tentu kita rasakan. Dengan kebersamaan yang tinggi dalam menyikapi pertumbuhan ekonomi di Kab.Soppeng kita berhasil meraih peringkat ke 2 (dua) tingkat Provinsi Sulsel setelah Bone namun kita harus sadari bahwa kita tidak mampu berbuat apa-apa tanpa kerja sama seluruh stakeholder walaupun sering kali yang di kambing hitamkan adalah Pemda bersama Kodim terutama dibidang UPSUS tapi hasilnya masyarakat sendiri yang merasakannya.

Kebijakan-kebijakan bapak Presiden kita harus tindak lanjuti sehingga kita dapat bekerja sesuai yang diharapkan yaitu meningkatkan ekonomi yang dapat mensejahterahkan masyarakat terutama di bidang pertanian, Ketahanan Pangan, bidang peternakan serta bidang perikanan. Soppeng adalah salah satu pilar utama dalam ketahanan pangan sulawesi Selatan terbukti dengan ketersediaan pangan sampai saat ini dan sudah sejalan dengan visi misi dengan pemerintah pusat yaitu adalah bagaimana membangun ketahanan pangan di Republik ini. Terkait dengan kebijakan pangan maka pemerintah telah membentuk suatu kegiatan yang tujuannya mendeteksi secara Dini masalah kerawanan pangan dan gizi melalui beberapa kegiatan kegiatan sistem informasi yang terintegrasi yang didalamnya terdapat pemetaan daerah rawan pangan atau PSP oleh kecamatan desa kelurahan di 70 desa di Kabupaten Soppeng. Kami berharap dewan ketahanan pangan tingkat kabupaten Soppeng dengan susunan pengurusnya untuk mewujudkan peran strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan baik dalam perencanaan pelaksanaan dan pengendalian dan pengawasan bagi Keseluruhan sistem ketahanan pangan yaitu ketersediaan keterjangkauan atau distribusi konsumsi dan keamanan pangan peran dan strategi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Turut hadir Ketua Pokja Dewan Ketahanan Pangan Propinsi sulawesi Selatan Ir. H. Asri Agung Pananrang, MM.

Sekretaris Dewan Ketahanan pangan propinsi Sulawesi Selatan Muhlis, SP, MP. Ketua DPRD Kabupaten Soppeng,

Para kepala SKPD, kepala BUMN/BUMD

Kepala BPS Soppeng, kansilog Soppeng, Danramil dan Kapolsek se Kabupaten Soppeng