Asisten Ekonomi dan pembangunan sekretariat daerah kabupaten Soppeng Firman, SP, MM membuka acara Sosialisasi Penyelenggaraan Usaha Kesehatan Sekolah / Madrasah (UKS/M) di ruang Pola kantor Bupati Soppeng Jalan Salotungo Watansoppeng Rabu, 18 September 2019

Ketua Panitia A.Mugniwangsa, S.STP dalam laporan mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman para Stakeholdef yang terkait peran serta dalam pelaksanaan UKS/M serta meningkatkan akselerasi penyelenggaraan UKS/M di kabupaten Soppeng. Selain itu, lanjut A.Mugni kegiatan ini dilaksankan untuk mewujudkan visi misi pemerintah Kabupaten Soppeng untuk mewujudkan Kabupaten Soppeng yang lebih baik khususnya pada sektor Pendidikan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.

Firman saat membacakan sambutan Bupati Soppeng menyampaikan Atas nama Pemerintah Daerah saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kab.Soppeng atas pelaksanaan kegiatan ini, sebagai wujud untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga peserta didik dapat belajar, tumbuh, dan berkembang secara harmonis dan setinggi – tingginya menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan wahana atau kendaraan yang dapat ditumpangi oleh berbagai program seperti Kesehatan Reproduksi,Gizi, Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA, Pengendalian Penyakit, Penyehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan, Pengobatan sederhana. Wahana ini menjadi penting dan strategis, karena pelaksanaan program melalui UKS tentu akan lebih efektif dan efisien dari beberapa penelitian diketahui bahwa sebagian anak sekolah mengalami masalah kesehatan yang pada umumnya terkait dengan masalah perilaku hidup bersih dan sehat, perilaku beresiko, serta masalah gizi. Oleh karena itu, peserta didik merupakan sasaran yang strategis untuk pelaksanaan program kesehatan UKS, karena selain jumlahnya yang besar, mereka juga merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena teroganisir dengan baik, dengan Sifat keingintahuan yang tinggi dan kecenderungan untuk mencoba – coba, menyebabkan mereka mudah dimotivasi dan cepat menerima dan mengadopsi hal-hal baru termasuk pesan pesan kesehatan. Selain itu mereka juga memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai agen agent of change (pengubah) dilingkungannya masing-masing.

Berbagai terobosan harus dilakukan untuk menggali dan memanfaatkan sumber daya secara optimal yang difokuskan pada pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah yang efektif, karena hampir bisa dipastikan bahwa semua upaya kesehatan, akan lebih cepat berhasil kalau dikembangkan di sekolah dan madrasah serta akan berdaya ungkit besar karena selain diadopsi oleh peserta didik sendiri, juga akan disebarluaskan dimasyarakat sekitar khususnya dilingkungan keluarga peserta didik dan masyarakat sekitar, saya berharap kepada para peserta Sosialisasi agar mengikuti secara seksama dan sungguh-sungguh sosialisasi ini, sehingga pada gilirannya dapat mengembangkan akselerasi pembinaan dan pengembangan UKS melalui kegiatan penguatan pelaksanaan UKS di sekolah dan madrasah. Diharapkan UKS dapat melibatkan semua pihak yang ada di sekolah terkait dengan masalah kesehatan, menciptakan lingkungan yang sehat dan aman, dapat memberikan pendidikan kesehatan bagi anak, dan dapat memberikan akses pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif bagi anak.

Turut hadir dalam kegiatan ini Para Camat se Kab. Soppeng, Kepala KUA se Kab. Soppeng, Para Kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng, Kepala UPT Dinas Pendidikan se Kab. Soppeng, Para Kepala TK, Sekolah dan Madrasah yang sempat hadir, Para Pengelola Program UKS/M Puskesmas se Kab. Soppeng