Pemkab Soppeng menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439H/2017M

109

Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439H/2017M dengan tema “Menjadikan Akhlak Rasulullah SAW, Sebagai Suri Tauladan Dalam Mewujudkan Pemerintah Yang Melayani Menuju Soppeng Lebih Baik”, berlangsung dilapangan Hikmah Takalala Kel.Tentikenrarae Kec.Marioriwawo, Jumat malam 8/12/17.
Dalam kesempatan tersebut ketua panitia Kabag Adm Kesra Setda A.Risga Sarwaty menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diadakannya acara ini adalah sebagai tanda syukur kepada ALLAH SWT atas anugrah-nya yang telah menunjukkan keselamatan bagi kita semua melalui utusan-nya, Rasulullah Muhammad SAW. Dan agar Pemda Kab.Soppeng dan masyarakat tetap bersatu dalam kebersamaan tanpa sekat menuju Soppeng yang lebih baik.
Pembiayaan Kegiatan ini bersumber dari APBD Kab.Soppeng tahun anggaran 2017 DPA Bagian Adm Kesra Setda Kab.Soppeng, kegiatan pelaksanaan hari-hari besar keagamaan.
Kegiatan maulid akbar ini merupakan pelaksanaan yang kedua setelah tahun lalu dilaksanakan dilapangan Gasis Soppeng yang sebelumnya hanya dilingkup PNS Pemerintah Kabupaten Soppeng, Namun semenjak pemerintahan AKAR SUPER pelaksanaan Maulid ini dilaksanakan dengan lebih semarak dan melibatkan semua unsur mulai pemda, Forkopimda, BUMN/BUMD,Instansi Vertikal, PKK, Majelis Ta’Lim,Mejelis Dzikir sampai partisipasi dari sekolah yang ada di Kec.Marioriwawo dengan jumlah 1.461 hias pohon telur yang di perlombakan.
Bupati Soppeng yang hadir dalam acara ini menyampaikan bahwa, peringatan Maulid ini adalah tradisi yang tentunya akan kita selalu kenang dimana peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW sudah banyak paham-paham yang mana sebagian masyarakat tidak lagi melaksanakan peringatan maulid Nabi Muhammad S.A.W, dan kita perlu mengingat perjalanan Nabi semasa hidupnya
“Peringatan Maulid Nabi Muhammad Insya allah kami akan selalu membuat semarak dan nantinya akan kami gilir setiap tahunnya di kecamatan – kecamatan.” Kata Bupati
“1 tahun 10 bulan memimpin Soppeng sangat banyak perubahan yang sudah kita alami, Namun, masih banyak yang belum terpenuhi olehnya itu, terus doakan Kami agar secepatnya terpenuhi, Tambah Bupati Soppeng
Dalam kesempatan ini juga, Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Raza tak luput pula mengingatkan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba dan selaku pemimpin daerah tidak tinggal diam dalam hal peredaran Narkoba.
“saya selaku pemerintah daerah tidak akan tinggal diam tentang hal itu dan berpesan kepada pihak kepolisian apabila menemukan pemakai atau pengedar menindak dengan tegas tanpa pandang bulu siapapun yang terlibat.”tegasnya
dalam peringatan maulid ini, Para peserta yang ikut maupun yang hanya berpartisipasi menunjukkan kreatifitasnya dalam menghias pohon pisang, Salah satunya yang menarik pada tahun ini adalah sepanjang 7 kilometer jalan trans provinsi telah terpajang hiasan pohon pisang khas maulid.
“Ini pertama kalinya kita gelar maulid nabi dengan memajang hiasan telur di pinggir jalan, dan masyarakat sangat antusias untuk ikut berpartisipasi,” kata Ketua Panitia kegiatan, Ardi.
Sementara hiasan menarik lainnya berasal dari Kecamatan Donri- donri, dengan mengambil tema Siklus kehidupan Ulat Sutra, Kasi Kesra Kecamatan Donri- donri, Andi Citra Dewi mengatakan, pihaknya mengambil tema ini untuk menunjukkan potensi Soppeng, seperti hiasan maulid dengan tema siklus kehidupan Ulat Sutra.
“Kita mencoba menampilkan hiasan telur maulid lain yang dari pada yang lain, dan mencoba untuk memperkenalkan potensi ulat Sutra Soppeng,” paparnya.
Sekedar untuk diketahui, pada siang hari panitia melakukan penilaian hiasan telur dan pada malam hari adalah acara puncak maulid