Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE Menghadiri Pencanangan Kampung KB Kerjasama Pemerintah Kabupaten Soppeng Dengan BKKBN Di Desa Kebo Kecamatan Lilirilau Pada Hari Senin Tanggal 08/05/2017
Ketua Panitia Ir. A. Nurjamhuria, M. Si dalam laporannya menjelaskan Kampung KB diciptakan merupakan wilayah setingkat RW atau Dusun yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat tingkat keterpaduan program kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan KKBPK serta sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan berkesinambungan, Pembentukan dan pencanangan kampung KB lanjutnya, merupakan realisasi dan tindak lanjut dari pencanangan Kampung KB oleh Bapak Presiden RI. Kampung KB merupakan salah satu bentuk pelaksanaan total program KKBPK secara utuh yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dengan lembaga, mitra kerja, instansi terkait, PKK dan seluruh elemen masyarakat.
Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Sul Sel dalam sambutannya menuturkan Tahun lalu ditetapkan 1 kabupaten 1 kampung KB, tetapi tahun ini di tetapkan setiap Kecamatan harus ada Kampung KB. Pembentukan Program Kampung KB merupakan arahan dari Bapak Presiden RI agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama di daerah miskin, padat penduduk, terpencil, tertinggal yang banyak pasangan usia suburnya tetapi banyak yang belum ikut KB dan lain sebagainya di seluruh tanah air, Pelaksanaan program KB lebih difokuskan kepada masyarakat yang kurang mampu dan tidak memiliki akses fasilitas kesehatan.

Bupati Soppeng dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh jajaran Pemerintahan di Kabupaten digerakkan untuk mensukseskan Program Kampung KB. Persoalan yang dihadapi sekarang adalah masih ada daerah di Soppeng utamanya daerah pegunungan yang belum mengetahui program ini. jangankan KB membaca saja tidak bisa makanya kami minta TNI/POLRI untuk mengadakan pendidikan buta aksara. Camat, Kepala Desa, Kepala Dusun serta tim dari KB harus senantiasa punya semangat tinggi untuk memberikan motivasi kepada masyarakat. Kampung KB yang telah dicanangkan dapat dijadikan tolak ukur dan meminta kepada para Camat untuk melaporkan perkembangan terakhir mengenai manfaat dan kendala dalam program ini sehingga ada hasilnya. Target Pemerintah Daerah Kampung KB harus sama dengan yang diinginkan Pusat dan Provinsi.
Turut hadir dalam kegiatan ini Sekda Soppeng, Forkopimda Soppeng, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten, Kecamata, Desa dan Kelurahan, Perwakilan SKPD, Camat, Lurah, Kepala Desa serta tamu undangan