Pencanangan PKK KB kesehatan Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Soppeng di Baruga Rumah Jabatan Bupati Soppeng pada hari Selasa tanggal 24/10/2017 pukul 10.00 Wita.


Sambutan Bupati Soppeng yang dibacakan Asisten III Kamaruddin, SE, M. Si sekaligus membuka acara menuturkan Masalah Kependudukan memiliki implikasi yang luas terhadap perubahan sosial secara nasional di segala bidang, di antaranya dalam bidang pendidikan, kesehatan, tenaga kerja sandang, pangan dan papan serta keamanan. Bila tidak diatasi dengan segera akan berpengaruh pada stabilitas nasional yang pada akhirnya akan berpengaruh pada pembangunan nasional secara keseluruhan. Pengendalian pertumbuhan penduduk dapat dilaksanakan melalui perwujudan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera sehingga terjadi keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung alam dan lingkungannya, oleh karena itu Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) sangat erat dengan Pengendalian pertumbuhan penduduk dimana sasaran akhirnya bukan hanya jumlah anak yang dibatasi, tapi juga mewujudkan keluarga kecil,

bahagia sejahtera dan berkualitas serta pelayanan kesehatan yang memadai. Pengelolaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan perubahan paradigma sekarang adalah mengamanatkan adanya pola pembinaan di lini lapangan dengan peran penting dengan mengedepankan pembinaan langsung kepada sasaran dengan menitik beratkan pada Pemberdayaan Masyarakat melalui keluarga. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi yang berkualitas, upaya-upaya program KB harus dapat dikaitkan dengan dampak menurunnya angka kematian Ibu, bayi dan anak balita, serta meningkatnya derajat kesehatan reproduksi secara menyeluruh. Kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana Momentum khusus PKK KB Kesehatan yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan wadah yang mempunyai nilai Edukasi yang tinggi bagi masyarakat khususnya di bidang Kesehatan. Kegiatan Pencanangan PKK KB-KES adalah Program yang dilaksanakan rutin setiap tahun yang siap untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, dan sebagai bentuk kepedulian dari Tim Penggerak PKK untuk peningkatan kualitas kesehatan di bidang Keluarga Berencana. Diharapkan keterpaduan yang bersinergi antara peran serta TP PKK Kab.Soppeng, Kecamatan Desa dan Kelurahan serta seluruh stakeholder dengan masyarakat untuk melaksanakan Program KKBPK disetiap kecamatan dengan memanfaatkan sarana dan prasarana di masing-masing wilayah dapat terlaksana dengan baik. Peran TP PKK tidak bisa dipisahkan, harus selalu bersinergi membangun Kab.Soppeng. Dengan keterlibatanTim Penggerak PKK dalam Program KKBPK sangat membantu petugas Lini Lapangan sebagai tenaga penggerak dan motivator kepada masyarakat dan membantu mengatasi masalah keluarga Berencana yang ada. Melalui Pencanangan PKK KB-Kesehatan ini, saya sangat mengharapkan PKK terus berkontribusi nyata dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan kepesertaan masyarakat dalam Program KKBPK dan dapat mencapai sasaran sampai ke daerah daerah terpencil.
Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng bersama pengurus, Kadis PPKB kabupaten Soppeng, Ketua Tim Penggerak Kecamatan, Ketua IBI kabupatem Soppeng, Para Kepala Puskesmas, Lurah / Kepala Desa serta tamu undangan lainnya.
Released by. Edy/Kmf