Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE bersama Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH, MH menghadiri Rapat Paripurna DPRD Pembicaraan Tingkat II dengan agenda Pengambilan Keputusan terhadap Ranperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah ke PDAM di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Soppeng pada hari Senin tanggal 25/09/2017 pukul 20.45 Wita.
Rapat Paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Soppeng Hj. A. Patappaunga didampingi Wakil Ketua I DPRD Syahruddin Adam, S. Sos, MM dan Wakil Ketua II DPRD A. Mapparemma M, SE, MM.


Laporan Gabungan Komisi yang dibacakan Asnaidi, SH menuturkan beberapa hal yaitu :
I. Proses Pembahasan.
Terkait Ranperda Penyertaan Modal Pemerintah kepada PDAM, diputuskan dalam Rapat Paripurna DPRD bahwa pembahasannya dilakukan dalam bentuk Gabungan Komisi. Oleh karena itu, sesuai dengan kewenangan dan jadwal yang telah ditetapkan Badan Musyawarah DPRD, Gabungan Komisi telah melakukan pembahasan bersama SKPD pemrakarsa, Instansi terkait dan tim Pengharmonisasian Produk Hukum Daerah. Selanjutnya dalam rangka pemantapan Konsep rancangan sebelum penetapan, maka telah dilakukan fasilitasi di Biro Hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar


2. Pendapat Fraksi
Kelima fraksi di DPRD kabupaten Soppeng yaitu Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Golongan Karya, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Fraksi Amanah Bersatu pada intinya “MENYETUJUI” Ranperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah kepada PDAM menjadi Peraturan Daerah.
3. Hasil Pembahasan
Dalam rapat Gabungan Komisi DPRD telah didapatkan kesepakatan bersama antara DPRD dengan SKPD terkait, tim Pengharmonisasian Produk Hukum Daerah dan PDAM bahwa rancangan yang di ajukan telah sesuai dengan Peraturan Perundang Undangan dan semangat untuk mensejahterakam masyarakat khususnya dalam pemenuhan air minum.


Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya menuturkan sejalan dengan upaya untuk menetapkan kemandirian pemerintah daerah yang dinamis dan bertanggung jawab maka eksistensi PDAM Kabupaten Soppeng sebagai salah satu perusahaan daerah perlu dilakukan penguatan struktur modal dan kesinambungan usaha agar dapat meningkatkan profitabilitas yang diharapkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat.
Bupati Soppeng menambahkan tentu menjadi harapan kita bersama bahwa penyertaan modal pemerintah daerah menjadi stimulan dalam mewujudkan eksistensi PDAM Kabupaten Soppeng dalam memberi manfaat ekonomi dan manfaat sosial guna pelayanan masyarakat atas penyediaan air minum dan air bersih serta mendorong tumbuhnya kemandirian PDAM sebagai pengelola kekayaan daerah yang dipisahkan.
“Kebijakan penyertaan modal Pemerintah Daerah pada PDAM diharapkan mampu dikelola secara optimal, akuntabel dan transparan dengan mengedepankan pemenuhan tugas dan tanggung jawab PDAM dalam menyediakan, mengelola, dan memenuhi kebutuhan air minum dan air bersih masyarakat sehingga PDAM mampu mengemban pencapaian visi yakni pemerintahan yang melayani dan lebih baik” harap Kaswadi.
Turut hadir dalam kegiatan ini Anggota Dewan DPRD Kabupaten Soppeng, Anggota Forkopimda Soppeng, Kakan. Kemenag Soppeng, Plt. Sekda, Para Kepala SKPD bersama Pejabat Eselon III, Para Kabag, para Camat, serta tamu undangan lainnya.