Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Terpilih

150

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE melantik dan mengambil Sumpah 29 Kepala Desa terpilih masa jabatan tahun 2018 – 2024 di Taman Kalong Watansoppeng. Rabu 12 Desember 2018

Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya menuturkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa pada tahun 2018 merupakan pemilihan Kepala Desa serentak yang diikuti 33 Desa di delapan Kecamatan. Alhamdulillah kita telah melewati tahapan Pemilihan Kepala Desa sehingga tahapan yang tersisa dan paling di tunggu tunggu yaitu Pelantikan Kepala Desa sebagaimana yang telah kita saksikan bersama. Atas nama Pemerintah Daerah, kami memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada semua pihak terutama pihak Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Perguruan Tinggi, unsur Pers dan segenap elemen masyarakat yang terus menerus memantau dan memberikan support dalam setiap pelaksanaan tahapan dengan menyebar petugas atau timnya di masing masing Desa. Dan juga kepada Badan Permusyawaratan Desa beserta anggota atas dedikasi, pengabdian dan keikhlasannya dalam mengawal dan mensukseskan Pemilihan Kepala Desa Serentak ini sehingga berjalan aman dan lancar serta sesuai tahapan. Badan Permusyawaratan Desa adalah bagian dari sistem Pemerintahan di Desa dan Insya Allah mulai tahun 2019 kita akan naikkan tunjangannya.

Agenda Nasional yang akan kita sukseskan pada tahun 2019 yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Legislatif dan DPD. Kami harapkan kepada Kepala Desa agar bekerja secara profesional serta tidak memihak yang dapat menguntungkan salah satu kelompok sehingga dapat mencederai pesta Demokrasi. Harapan besar kita bersama adalah bagaimana kita senantiasa menjaga keberlangsungan pesta Demokrasi ini dengan baik seperti pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa yang berjalan dengan baik, aman dan tertib.

Insya Allah mulai tanggal 17 Desember nanti, di Soppeng kita akan melaksanakan acara Festival La Galigo dan Seminar Internasional yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng bekerjasama Universitas Hasanuddin dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Event ini adalah event Internasional sehingga banyak tamu tamu luar yang akan datang ke Soppeng untuk mengikuti seminar maupun sebagai pengunjung. Kami berharap kepada masyarakat agar menjadi tuan rumah dan penyelenggara yang baik sehingga event ini dapat berjalan dengan baik. Festival La Galigo intinya adalah bedah buku. Ada naskah atau karya yang di buat oleh salah satu putra terbaik bangsa ini pada jamannya yang bernama La Galigo anak dari Sawerigading. Naskah atau buku ini telah di akui oleh organisasi dunia UNESCO. Naskah ini lebih panjang dari naskah Mahabharata. Naskah atau buku ini berjumlah 12 jilid. Kabupaten Barru dan Kota Palopo telah melaksanakan bedah buku ini Jilid 1 dan 2. Soppeng Jilid 3. Kegiatan ini murni kegiatan yang sifatnya membedah satu buku atau jilid. Selain itu kita juga akan melaksanakan kegiatan pameran yang akan menampilkan usaha usaha yang ada di Kabupaten Soppeng khususnya UKM. Insya Allah lebih dari 10 Negara akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Terkhusus kepada Kepala Desa yang baru di lantik, kami harapkan agar dapat menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan peraturan dan perundang undangan yang berlaku. Kalau ada sesuatu yang tidak kita pahami, kami sangat berharap mari kita konsultasikan dan diskusikan bersama. Soppeng milik kita bersama. Tidak boleh ada yang tertinggal. Semua harus bersama sama memajukan Soppeng. Kepala Desa, Bupati, Gubernur dan Presiden adalah pelayan masyarakat. Jangan sekali kali kita mempertontonkan yang tidak pantas kepada masyarakat. Bukan kita yang dilayani rakyat, kita adalah pelayan rakyat.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Ketua DPRD Soppeng, para Anggota Forkopimda Soppeng, Sekda Soppeng, Kepala Kemenag Soppeng, para instansi Vertikal se Kab.soppeng, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng, para Asisten dan Staf Ahli Setda, para Kepala SKPD, para Camat serta tamu undangan lainnya.