Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Soppeng melaksanakan Peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW 2017 M/ 1439 H dan pendistribusian Santunan Zakat di gedung Pertemuan jalan kesatria Kelurahan Botto kecamatan Lalabata, Kamis 14 Desember 2017.
Kegiatan ini mangambil tema “jadikan semangat peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW untuk berbagi kepada sesama sebagai wujud kepedulian Sosial berdasarkan Alquran dan Sunnah Rasulullah SAW”.
Wakil ketua 1 basnaz kab.soppeng Drs.H.Abdurrahman.K yang membidani penerimaan Zakat dalam laporannya menyampaikan bahwa Peringatan Maulid Nabi Besar ini dapat melaksanakan salah satu kegiatan syiar keagamaan yaitu peringatan maulid besar nabi Muhammad SAW sekaligus menjadi momentum bagi BAZNAS kabupaten Soppeng untuk menyalurkan dana zakat.
“ Pada kesempatan ini kami sampaikan bahwa Pemberdayaan zakat BAZNAS Kab. Soppeng diantaranya penyaluran pada tahun baru islam 1 muharram 1439 H antara lain :
a. Fakir Miskin 250 orang beras dan transport Rp. Rp.148.000.000,-
b. Guru Pengaji/ TPA Rp. 20.500.000,-
c. C. Masjid Rp.15.000.000
d. d.Mahasiswa ke Mesir 2 orang 10.000.000
e. 3 Pondok Pesantren RP. 30.000.000
f. Lembaga Sya’ra Rp 10,000,000
g. Rumah Tahfids Rp.7.500.000

“Selain itu basnaz juga memberikan bantuan pada Bencana Alam Kebakaran dan Angin puting Belium sebesar Rp. 5.000.000” ungkap Abdurrahhman.
Asisten 3 Kamaruddin yang membacakan sambutan Bupati Soppeng menyampaikan bahwa Acara Pendistribusian Zakat dirangkaikan dengan peringatan Maulid pada hari ini merupakan suatu peristiwa penting yang berdimensi keagamaan dan sosial kemasyarakatan yang menawarkan nilai-nilai kehidupan sekaligus semakin mempertegas bahwa Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi ummat manusia.
”Saya menyambut gembira pengelolaan zakat yang dikelola oleh BAZNAS Kab. Soppeng dimana pada hari ini didistribusikan kepada mereka yang berhak, Hal ini merupakan wujud nyata dari pengelolaan zakat yang profesional juga sekaligus membantu program-program pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan dan meringankan beban masyarakat” jelas Kamaruddin
”Saya berharap kepada pihak BAZNAS disetiap Kecamatan mampu semakin berperan secara profesional dalam menjembatani keberhasilan pengelolaan zakat didaerah ini dimana pihak Kementerian Agama memiliki kewajiban dalam pembinaannya, dan Selanjutnya kepada penerima zakat, saya ucapkan selamat dan mengharapkan kiranya dapat dimanfaatkan dengan baik khususnya untuk kegiatan kegiatan yang produktif” harapnya.
Kiyai Muda Abdurrahman, M.Ag pembina pompes Mangkoso dalam ceramahnya mengajak umat untuk memperbanyak sholawat dan salam kepada Rasulullah supaya kelak mendapatkan ridho dan rahmat Allah.SWT.
“Nabi Muhammad diutus ke dunia sebagai rahmatan lilaalamin atau pembawa rahmat kepada seluruh Alam dan selama kita mengikut sunnah beliau maka kita akan selamat di dunia dan akhirat” tuturnya
turut hadir Para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Soppeng, para Ketua UPZ BAZNAS, ketua Lembaga Sya’Ra Kab. Soppeng, Para Asisten, Pimpinan SKPD, Kep.Bagian, Camat, Kep.Desa/Lurah, Pimpinan BUMN/BUMD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pendidik Se Kab. Soppeng dan Para undangan lainnya.