Putri Bupati Soppeng Menikah Dengan Prosesi Adat Bugis

147

Hj Andi Sutra Dewi Kaswadi dan Ekqy Zach Bidin Syaeful Mamma, S.Psi, M.Psi  resmi menjadi pasangan suami istri. Dipusatkan di Laburawung, Soppeng, Rumah Pribadi HA Kaswadi Razak (Bupati Soppeng), prosesi Ijab Qabul disaksikan kedua orang tua mempelai dan seluruh undangan yang hadir, Minggu (14/5).

Pada acara ini, yang menjadi Saksi nikah adalah Anre Gurutta Dr H faried Wajedy Lc, MA, Pimpinan Pondok Pesantren Mangkoso Soppeng Riaja, Kabupaten Barru dengan diwalikan sendiri oleh Ayahanda mempelai Perempuan.
“Pernikahan ini sakral dan merupakan sunnah dari nabi besar Muhammad SAW,” Kata Faried saat memberikan sekapur sirih pada Kedua mempelai.


Pernikahan ini dihadiri beberapa pejabat penting seperti Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman yang datang untuk memberikan doa restu selain itu hadir beberapa Bupati diantaranya Bupati Sidrap H.Rusdi Masse, Bupati Wajo, Drs. H. Andi Burhanuddin Unru, MM, Bupati Bone  Dr. H. Andi Fahsar M. Padjalangi, M.Si dan Wakilnya H. Ambo Dalle. Tampak juga beberapa tokoh penting seperti Dr.Nurdin Halid, H.Nurhanuddin Andi dan Haris Abbas.


Setelah prosesi nikah, dilanjutkan dengan upacara adat nikah seperti Mappasili, dengan tujuan menjauhkan kedua mempelai dari berbagai masalah dan atau mengusir roh- roh jahat yang akan merusak hubungan kedua mempelai. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan hiburan nasyid yang berisi sholawat nabi dan doa- doa untuk kedua pengantin.
Sekedar untuk diketahui, pada acara Dio Majang (siraman) ini telah menggunakan 4 sumber air di Soppeng, yakni Bujung LompoE di Takkalalla, Bujung Pitue di Citta, Mata Air Ompo dan Air dari Masjid Raya lama.


Selama prosesi pernikahan ini telah digelar dengan sempurna kegiatan pernikahan bugis seperti Dio Majang/Cemme Passili (Siraman), Mappanre Temme, Barasanji, Mappacci (Tudang Penni) Dengan Hiburan Dari Oni-Oni Toriolo dan Artis Ibukota Cici Paramita


Pada acara pernikahan tersebut, tampak hadir sejumlah pejabat dan tokoh seperti Andi Burhanuddin, Mantan Kapolda Sulsel, Haris Abbas, Mantan Sekda Soppeng, Para anggota Forkopimda, Sekda, Asisten dan staf Ahli, para kepala SKPD, Para camat beserta Kades dan Lurah, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat.