Sekretaris Daerah Soppeng Drs.H.A.Tenri Sessu, M.Si menghadiri dan membuka Rapat Focus Group Discusion (FGD) tentang Promosi Pariwisata Soppeng di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati Soppeng Rabu, 28 Februari 2018.
Tenri saat membacakan sambutan Bupati Soppeng mengatakan bahwa pelaksanaan FGD ini merupakan media koordinasi yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas singkronisasi dan sinergitas pelaksanaan program pemerintahan dan pembangunan di kabupaten Soppeng dalam rangka mengembangkan potensi dan sektor Pariwisata.


“sektor Pariwisata sangat berperan dalam pembangunan daerah yaitu sebagai penghasil pendapatan asli daerah, meratakan dan meningkatkan kesempatan kerja serta pendapatan masyarakat” ungkap tenrisessu.
melalui kesempatan ini Tenrisessu mengajak pemerhati dan penggiat pariwisata dan budaya di kabupaten Soppeng untuk terus bergandengan tangan dalam harmoni yang seirama dan saling menguatkan satu sama lain sehingga kita mampu menyelesaikan berbagai hambatan, tantangan dan persoalan dalam berbagai sektor pembangunan khususnya pada bidang Pariwisata dan Kebudayaan Soppeng.


Ketua Tim FGD STIE Equitas bandung Mutya Tri Satya, S.Sos,M.Si,MSM yang memberikan materi mengatakan sejak kedatangannya ke kabupaten Soppeng beberapa waktu lalu langsung tertarik untuk memperkenalkan Kabupaten Soppeng apalagi daerah ini mempunyai banyak kesamaan dengan bandung.
Mutya mengatakan ketertarikannya dalam meneliti Kota bandung dan Soppeng disebabkan oleh banyak kesamaan daerah seperti kontur Alam yang mirip seperti pegunungan, bukit,sawah dan Soppeng begitu juga makanan yang mirip baik segi rasa maupun jenis makannnya.
“salah satu produk unggulannya Soppeng adalah Suteranya yang sampai-sampai Presiden RI Soeharto pernah berkunjung ke daerah ini untuk melihat sutera saja” ungkap Muty.Muty menambahkan berbagai bentuk promosi telah kami lakukan untuk mempromosikan Soppeng diantaranya penulisan novel “ Ada Nur di Bumi Latemmamala”, memasukkan soppeng sebagai salah satu destinasi dalam program tour, Promosi melalui media, dan Pementasan seni/pagelaran teater yang menceritakan kehidupan orang Soppeng.
turut hadir dalam acara ini Asisten 2 Setda Soppeng, Farouk Adam, ketua Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Soppeng, Kepala Dinas Pariwisata dan kepala SKPD terkait, Para Camat, dan undangan lainnya.