Asisten III Administrasi Umum Kamaruddin, SE,M.Si Mewakili Bupati Soppeng Memberikan Sambutan Pada Acara Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun Anggaran 2017 Di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng Jalan Salotungo Watansoppeng Selasa, 19 Desember 2017.
Ketua Panitia Ir.Hj.Karini Sekretaris Badan Pelaksanaan Dan Penyuluh Pertanian Dan Ketahanan Pangan Soppeng mengatakan maksud kegiatan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tingkat Kabupaten Soppeng Tahun 2017 yaitu untuk memahami menemukenali serta mencari solusi secara bersama tentang persoalan sistem ketahanan pangan di Kabupaten Soppeng, sedangkan tujuan pelaksanaan acara ini adalah sebagai berikut:
a. Mengkoordinasikan dan mensinkronisasikan strategi dan instrumen kebijakan pemerintah
dalam pemantapan ketahanan pangan di Kabupaten Soppeng
b. Mengevaluasi pelaksanaan kebijakan ketahan pangan di Kabupaten Soppeng
c. Menyamakan langkah dan persepsi dalam upaya percepatan penyelenggraan kebijakan
ketahanan pangan di Kabupaten Soppeng
Asisten III Kamaruddin dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah memiliki peran strategis dalam mewujudkan ketahanan pangan baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan bagi keseluruhan pilar.
“ Dinamika dan kompleksitas dalam mewujudkan ketahanan pangan menimbulkan berbagai permasalahan dan tantangan serta potensi dan peluang yang terus berkembang, perlu diantisipasi dan diatasi melalui kerjasama yang harmonis antar seluruh pihakyang terkait seperti masih adanya defisit ketersediaan jenis pangan tertentu seperti ubi kayu, ubi jalar, sayuran dan ikan, konsumsi beras yang cukup tinggi, rantaidistribusi pangan yang panjang serta masih adanyacemaran zat berbahaya pada pangan segar maupunpangan olahan yang beredar di pasar tradisioanalmaupun modern” Ungkap kamaruddin.
selain itu Kamaruddin mengatakan bahwa untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut diatas, dibutuhkan Integritas dan koordinasidengan dinas terkait, stakeholder lembaga dan pemangku kebijakan yang ditindaklanjuti melalui Peraturan Bupati Soppeng Nomor 10 tahun 2017 tentang Dewan Ketahanan Pangan Tingkat Kabupaten Soppeng dengan susunan pengurus terdiri dari lembaga pemerintahan baik eksekutif dan legislatif, anggota forkopimda, serta elemen masyarakat yang mengemban tugas untuk merumuskan kebijakan dalam rangka mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan dan melaksanakan evaluasi dan pengendalian perwujudan ketahanan pangan
“Soppeng merupakan Pilar Utama Sulawesi Selatan dalam mewujudkan ketahanan kemandirian dan kedaulatan pangan” tuturnya.
“Pengembangan distribusi pangan yang merata, harga stabil dan terangkau (aksesibilitas) dengan mendorong dan mendukung upaya peningkatan daya beli dan mengurangi jumlah penduduk yang miskin, Memperkuat sistem investigasi, koordinasi, dan pembinaan mutu serta keamanan pangan” Jelas Kamaruddin.
Peserta Rapat Koordinasi berjumlah 150 (seratus lima puluh) orang yang terdiri dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtkultura Provinsi Sulawesi Selatan bersama jajarannya, Para Anggota Forkopimda, Para Asisten Lingkup Setda Kab. Soppeng, Para Pimpinan SKPD yang sempat hadir, Para Kepala Bagian Lingkup Setda Kab. Soppeng, Kepale kantor Kementerian Agama Kab. Soppeng , Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Soppeng, Kepala Kantor Seksi Logistik Kab. Soppeng, Kepala BUMN dan BUMD se- Kab. Soppeng Para camat se-Kab. Soppeng Pera Kapolsek dan Danramil se Kab. Soppeng
Ketua KTNA Kabupaten dan KTNA Kecamatan 17, Koordinator PPL Kecamatan se Kab. Soppeng para Kepala Desa/Lurah se kab. Soppeng