Pemerintah Kelurahan Bila bekerjasama Sewo Putra Club menggelar Pesta Rakyat Tingkat Kelurahan Bila Kecamatan Lalabata dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Petta LangkanangE Sewo Kelurahan Bila pada hari Sabtu tanggal 19/08/2017.


Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang terlaksana atas sumbangsih dan partisipasi masyarakat dan telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut turut, kegiatan ini mempertandingkan 19 item Lomba yang pelaksanaannya dimulai tanggal 19 – s/d 27 Agustus 2017.
Lurah Bila Iryan Hasan T mengatakan kegiatan pesta rakyat Tingkat Kelurahan Bila ini di prakarsai oleh Sewo Putra Club bekerjasama Pemerintah Kelurahan Bila yang mana panitianya berasal dari 3 lingkungan yaitu Lingkungan Sewo, Bila dan Jerae, dalam kegiatan ini di pertandingkan beberapa lomba seperti Karnaval, Sepak Bola mini, futsal, Bola Volly, Sepak Takraw, Lari kelereng, makan kerupuk, lomba Adzan, Tarik tambang, Massallo, Tarompa, panjat pinang dan beberapa pertandingan lainnya, ada sekitar 19 item lomba yang dipertandingkan.


Iryan Hasan menambahkan Dana yang digunakan untuk kegiatan ini merupakan hasil dari partisipasi masyarakat yang tidak mengikat, ikhlas, dan tanpa paksaan ditambah juga sumbangan dari Anggota DPRD, kegiatan ini direncanakan dari tanggal 19 – 27 Agustus 2017 tapi kemungkinan besar akan di percepat mengingat ada kegiatan adventure di waduk Ompo Pada tanggal 26 Agustus 2017 sehingga kemungkinan penutupan kegiatan ini di lakukan pada tanggal 25 Agustus 2017.
Iryan Hasan berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan dilaksanakan tiap tahun, disamping itu saya juga berharap komponen masyarakat dan generasi muda dapat ikut berpartisipasi mengingat antusias warga masyarakat yang sangat besar dan kami berharap kegiatan memeriahkan HUT proklamasi RI ini jangan hanya terpusat di Kota saja akan tetapi sampai di pelosok pelosok Desa dan Kelurahan.
Lomba yang pertama kali dilaksanakan adalah Karnaval yang pesertanya dari orang dewasa sampai anak anak dimana peserta start di Lapangan Petta LangkanangE – Jl. Mesjid Sewo – Jl. Mangkawani – Jl. Bila Selatan – Jl. Daeng Bora – Jl. Bila Utara – Jl. Bakti – Jl. Bila Selatan – dan finish di Jl. Harun Sewo.
Peserta lomba karnaval ini memakai kostum yang unik sehingga masyarakat yang menonton di sepanjang rute yang dilalui peserta karnaval ini sangat terhibur bahkan sampai tertawa melihat tingkah laku peserta karnava