Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH,MH membuka Sosialisasi ketenaga listrikan dan listrik prabayar yang dilaksanakan oleh PT.PLN (persero) area Pare-Pare bersama Pemerintah Kabupaten Soppeng di ruang rapat lt.3 Kantor Gabungan Dinas Pemkab Soppeng jalan Salotungo Watansoppeng, Kamis 03 Mei 2018.
Manager PT.PLN (persero) Pare-Pare Ir. Hj.A.Rosdian, MT dalam laporannya mengatakan bahwa pelanggan yang disubsidi saat ini akan dialihkan menggunakan listrik Prabayar.
“hal ini ditempuh terutama masyarakat yang tinggal dipelosok seringkali menunggak pembayaran listriknya dikarenakan letaknya yang jauh dan susah dijangkau petugas, kalau menggunakan listrik pintar (prabayar) maka lebih efisien dan hemat dan tidak takut pemutusan listrik oleh PLN” ungkapnya.


A.Rosdian menjelaskan bahwa ada beberapa keunggulan listrik pintar yaitu:
– meteran lebih akurat
– bebas biaya beban
– bebeas biaya keterlambatan
– bebas sanksi pemutusan
– bebas token kadaluarsa
– layanan pembelian token lebih luas
– pemakain lebih terkontrol
Wakil Bupati Soppeng dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya listrik bagi masyarakat sangat besar, bahkan hampir seluruh kebutuhan saat ini menggunakan listrik.
terkait dengan adanya pengalihan listrik rumah tangga menjadi listrik prabayar bagi penerima subsidi maka Supriansa menghimbau kepada PT.PLN untuk meninjau dampak yang akan ditimbulkan dengan kebijakan ini.
“ Pengalihan ini akan menimbulkan dampak/persoalan di tengah masyarakat umum dikarenakan beberapa faktor salah satunya adalah pada saat isi ulang vouser listrik, kita membeli vocher Rp. 100.000 tapi isinya Cuma Rp. 75.000 yang tentunya merugikan masyarakat “ ungkap Supriansa.


“kalau diliat masalah ini, maka akan timbul pemahaman di tengah masyarakat bahwa pengisian listrik dengan voucer ini hanya bisnis belaka” tegas Supriansa.
selain itu ada beberapa masalah yang akan timbul nantinya, lanjut Supriansa, seperti susahnya isi ulang bagi masyarakat terpencil saat akan mengisi ulang karena lokasi yang susah ditempuh/dijangkau.
Supriansa mengharapkan PT.PLN dapat memberikan solusi cerdas terkait permasalahan yang akan timbul bila pengalihan ini dilaksanakan.


turut hadir Sekda Kab.Soppeng, Asisten dan staf ahli Setda, para Kepala SKPD, Para Camat bersama Kades/Lurah dan tokoh Masyarakat.