Bappeda menyelenggarakan Sosialisasi kabupaten program penyediaan air minum dan sanitasi berbaris masyarakat ( pamsimas III ) kabupaten soppeng TA 2019 di ruang rapat gabungan dinas. Senin 12 November 2018

Asisten I , Kamaruddin mewakili bupati Soppeng membuka acara sosialisasi secara resmi mengatakan bahwa, berbagai upaya telah dilakukan untuk menuju soppeng yang lebih baik, hari ini kita akan meningkatkan pelayanan melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas).

Seperti yang kita ketahui bersama, kewajiban negara memberikan akses air minum dan sanitasi yang layak harus mencapi target universal. Target yang harus dicapai yaitu 100-0-100 yang artinya, pada tahun 2019 permukiman harus memenuhi standar 100% akses air minum, 0% persen kawasan kumuh perkotaan dan 100% akses sanitasi (air limbah, persampahan dan drainase). Program tersebut akan didukung dengan program pamsimas.

Disoppeng, 96,4% masyarakatnya telah terjangkau air bersih , semoga pamsimas bisa menjadi wadah dalam menuntaskan 96,4% masyarakat yang terjangkau air bersih menjadi 100%.

Saya berharap seluruh elemen masyarakat terutama di Desa dapat memanfaatkan dan berpartisipasi aktif dalam program Pamsimas III sehingga nantinya dapat meningkatkan ketersediaan air bersih untuk masyarakat.

Sementara kepala satker pk pams prov.Sulsel, yang diwakili oleh penyusun monev dan pelaporan satker p-spam, Hamdan menjelaskan bahwa, Program Pamsimas bertujuan untuk mencapai target akses aman air minum dan sanitasi 2019, yaitu jumlah masyarakat berpenghasilan rendah terhadap akses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target aman air minum dan sanitasi melalui pengarustamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

Soppeng bukanlah daerah yang kesulitan dalam mengakses air bersih/air minum namun ada beberapa wilayah di Soppeng yang merupakan wilayah sulit air bersih, dengan program pamsimas ini semoga semua daerah-daerah yang ada di Soppeng sudah dapat terjangkau air bersih 100%.

Turut hadir provinsi cordinator consultant roms, para pimpinan skpd, para kabag, camat kepala desa dan lurah, ketua tim pokja soppeng, ketua tim pamsimas Kab. Soppeng.