Kementerian Agama Kabupaten Soppeng melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU)  menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Soppeng bagi Calon Jamaah Haji yang akan menunaikan ibadah Haji tahun 1438 H/2017 M, Senin (22/5).
Bertempat di Rumah Jabatan Bupati Soppeng, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH. MH., Plh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Soppeng H. Fitriadi, S. Ag. M. Ag, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Soppeng H. Abd. Muin, S. Ag, Forkopimda, Kepala KUA Kecamatan se Kab. Soppeng, serta undangan lainnya.


Plh. Kakan Kemenag Soppeng dalam laporannya menyampaikan bahwa jumlah calon jamaah haji kabupaten Soppeng berjumlah 251 terdiri dari Laki-Laki 78 orang dan Perempuan 173 orang. Mereka akan mengikuti bimbingan manasik di tingkat kabupaten selama 2 hari dan akan dilanjutkan 8 kali pertemuan manasik di tingkat kecamatan masing-masing.
“Tapi yang ikut bimbingan manasik haji di Tingkat Kabupaten Soppeng ini sebanyak 253 orang, 2 orang diantaranya adalah jamaah haji Sulawesi Utara yang berdomisili di Kabupaten Soppeng dan meminta untuk ikut manasik disini, kegiatan manasik haji ini tujuannya adalah untuk memberikan bekal pengetahuan kepada calon jamaah haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji maupun teknisnya, sehingga diharapkan ibadah hajinya menjadi lancar dan mabrur ” Jelas H.Fitriadi


Wakil Bupati Soppeng dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh calon jamaah haji untuk mempersiapkan diri dengan meluruskan niat, serta mempersiapkan mental dan fisik.
Selain itu supriansa menambahkan bahwa Haji adalah rukun islam yang kelima setelah syahadat, shalat, Zakat, dan puasa dan menunaikan ibadah haji adalah bentuk ritual tahunan yang dilaksanakan kaum muslimin se-dunia yang mampu secara materi, fisik dan keilmuan untuk melaksanakan ibadah di kota Al-Haramain yaitu kota mekkah dan kota madinah pada musim haji tepatnya bulan dzulhijah pada kalender Hiriyah, menunaikan ibadah haji diwajibkan atas setiap muslim yang mampu mengerjakanya dan seumur hidup sekali.\


“Bagi mereka yang mengerjakan haji lebih dari satu, hukumnya sunnah,  Haji adalah mengunjungi baitullah (ka’bah) di mekah untuk melakukan amal ibadah tertentu dengan syarat2 tertentu pula yang wajib dikerjakan bagi setiap muslim, baik laki2 maupun perempuan yang mampu dan telah memenuhi syarat, melakukan ibadah haji wajib memenuhi syarat haji, rukun haji, wajib haji, larangan haji, tata cara haji, serta sunnah-sunnah haji yang secara lengkap” Jelas supriansa

“Ibadah dalam arahan Al-Qur’an haruslah bermuara pada ketakwaan” Kata Supriansa
Calon Jamaah Haji asal Kab. Soppeng yang tergabung dalam kloter II akan memasuki Asrama Haji Embarkasi Hasanuddin Makassar di Asrama Haji Sudiang pada tanggal 28 Juli 2017, diterima pada pukul 22.00 Wita.