Wakil Bupati Soppeng Supriansa, SH, MH membuka acara Mini Simposium Ginjal dan Hipertensi dengan tema “Deteksi Dini penyakit Ginjal Kronik” di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng Jalan Salottungo Watansoppeng, 03 Mei 2018.
Ketua Panitia dr.Hj.Mega Citra Diatri, Sp.PD dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini masih dalam rangkaian Hari jadi Soppeng ke 757 dan meningkatnya insidens penyakit terkait ginjal, hipertensi terkhusus penyakit ginjal kronik yang didapatkan dalam pelayanan RSUD La Temmamala Soppeng.
Mega menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar peserta dapat mengetahui dan memahami tentang penyakit ginjal hipertensi khususnya penyakit ginjal kronik, diharapkan mampu mendeteksi sedini mungkin gangguan fungsi ginjal khusunya penyakit ginjal kronik dan peserta diharapkan mampu memberikan edukasi maupun tindakan pencegahan dan penangan terhadap terjadinya komplikasi penyakit ginjal kronik.
Wakil Bupati saat memberikan sambutan menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini.
“para peserta diharapkan dapat menyimak dan memahami dengan baik apa yang disampaikan Narasumber supaya bisa lebih mengetahui, mendeteksi, dan menangani terjadinya penyakit ginjal kronik sesuai dengan tujuan dilaksanakan kegiatan ini.
“Kami Pemerintah Soppeng sekarang ini berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat Soppeng dan masyarakat daerah lain yang membutuhkan pelayanan kesehatan” jelasnya.
“salah satu contohnya adalah pengoperasian PSC 119 di setiap kecamatan di Kabupaten Soppeng, yang mampu melayani masyarakat sampai di pelosok bahkan sampai di daerah yang tidak dijangkau kendaraan operasional roda 4, bahkan petugas PSC ini akan menjemput masyarakat yang membutuhkan dengan berjalan kaki ke lokasi kejadian” Ungkap Supriansa.
selain itu, lanjutnya, pengadaan mesin cuci darah Unit Hemodialisis RSUD La Temmamala Soppeng merupakan salah satu bukti dan sebagai langkah mewujudkan RSUD LA Temmamala Yang Berkualitas, Profesional & Bersahaja dalam melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.
“Layani Masyarakat atau Pasien dulu supaya selamat atau sehat baru kemudian urus Administrasinya” tegasnya.
“saya harapkan kepada seluruh petugas Kesehatan untuk bekerja yang ihlas dalam melayani kesehatan Masyarakat tanpa memperhatikan suatu kepentingan golongan atau pribadi” harapnya.
kegiatan ini menghadirkan Narasumber yakni Prof.DR.dr. Haerani Rasyid, M.Kes, Sp.PD, KGH,SpGK, FINASIM dengan peserta terdiri dari 382 orang yang terdiri dari 39 Dokter umum, 342 Dokter dan Perawat serta 90 Orang dari Luar daerah Kab.Soppeng.
Adapun sponsor kegiatan ini yaitu PT.Novell Pharmeceutical, PT.Royal Medica, PT.Lapi Laboratories, Fahrenheit, PT. Simex Pharmaceutical, Dexa Medica, PT.Takeda Pharmaceutical, Boehringer Ingelheim, dan PT Siaga Medika.