Fakultas Hukum Universitas Indonesia Timur (UIT) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng menggelar pelatihan paralegal. Pelatihan dengan tema Membangun Masyarakat Sadar Hukum Dari Desa itu digelar di baruga rumah jabatan Bupati Soppeng, jalan pengayoman Watansoppeng, Rabu (27/07/2016).

Pelatihan rencananya akan berlangsung selama dua hari. Dalam pembukaan kegiatan dihadiri Wabup Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng dan para pimpinan Forkopimda.

Dengan melibatkan aparatur pemerintah desa sebagai peserta dalam pelatihan tersebut, Wakil Bupati Soppeng, Supriansa, mengapresiasi kegiatan itu karena memberikan kemampuan dan persiapan dibidang hukum menyangkut pengunaan dana desa bagi aparatur desa.

“inilah yang dijawab oleh UIT mengajak yang ada di Soppeng untuk menggali pengetehuan hukum yang akan dibekali pada aparat desa” ujar Wabup yang juga mantan praktisi hukum itu.

“Diharapkan tidak akan ada lagi potensi-potensi perlawanan hukum atau penggunaan dana desa yang berimplikasi pada pelanggaran hukum sehingga pembangunan berjalan tanpa ada persoalan hukum” tambah Wabup Soppeng.

Sementara ketua panitia, Herda Ayu, menjelaskan bahwa perwakilan pemerintah desa yang mengikuti pelatihan akan menjadi kader dalam memberikan pengetehuan hukum kepada masyarakat.

“Kegiatan ini diharapkan tidak hanya sampai disini, kelak jika seluruh stake holder dan pemerintah Kabupaten Soppeng mengapresiasi, kami siap terjun langsung sampai ke desa untuk memberikan pengetehuan kepada masyarakat” tutur Herda Ayu.
“ketika desa sadar akan hukum, pemkab Soppeng membuat terobosan bahwa masyarakat Soppeng dianggap telah sadar hukum, dan kelak menjadi percontohan kabupaten yang memiliki masyarakat sadar hukum” jelasnya.(Hasriadi/Humas Soppeng)