Pemerintah Kabupaten Soppeng melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Soppeng menyelenggarakan ujian penyesuaian Ijazah (PI) dan ujian Dinas di Ruang Pola Kantor Bupati Soppeng Jl. Salotungo Watansoppeng, Sabtu 03 Maret 2018
Dalam penyelenggaraan ujian tersebut, BKPSDM Soppeng bekerjasama dengan Kantor Regional IV Badan Kepegawaian Negara (BKN) Makassar.
Pada kegiatan ini sebanyak 175 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Kabupaten Soppeng mengikuti ujian kenaikan pangkat dengan beberapa tingkat diantaranya ujian Penyesuaian Ijazah S2, S1, SMA dan SMP, sementara untuk ujian dinas terdiri dari ujian dinas Tingkat II dan I.
Kepala BKPSDM Soppeng Drs. Andi Mahmud MM mengatakan sesuai dengan peraturan yang berlaku bahwa PNS yang telah memperoleh ijazah dapat dinaikkan pangkatnya apabila yang bersangkutan telah lulus ujian PI.
“Sebagai instrumen untuk meningkatkan kualitas PNS yang mencakup peningkatan pengetehuan, kedisiplinan, perubahan sikap dan perilaku seorang PNS” kata A. Mahmud
Andi Mahmud mengharapkan kepada peserta ujian agar mempunyai komitmen untuk meningkatkan kualitas kerja, memiliki kemampuan akademik dan kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugasnya, karena sebagai ASN mempunyai peranan yang sangat penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg IV BKN Makassar, Hj. Nur Eni Yahya, S.Sos, MM yang hadir menjelaskan tentang ujian dinas, bahwa PNS yang berpangkat pengatur Tingkat I golongan ruang II/d dan Penata Tingkat I golongan ruang III/d dapat dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi, disamping harus memenuhi syarat yang ditentukan harus pula lulus ujian dinas.
Dia menegaskan bahwa dalam ujian ini kita mencari PNS yang berkualitas, ujian ini jangan dianggap sebagai formalitas, sebelum di Soppeng ini ada beberapa daerah lain yang menyelenggarakan ujian yang pesertanya tidak lulus seratus persen.