Dinas Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak kabupaten Soppeng bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Soppeng mengadakan Workshop dalam rangka menyambut 139 tahun kelahiran RA.Kartini, Jumat 20/04/18 di kantor Gabungan dinas Jl. Salotungo Watansoppeng.
Ketua TP PKK Kab.Soppeng, Hj.Nurjannah Kaswadi setelah membuka workshop secara resmi mengatakan bahwa peringatan hari lahir kartini yg diselenggarakan pada hari ini untuk mengenang dan menghargai perjuangan beliau yang berjuang dalam membela kaum perempuan Indonesia dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki.
“ Perempuan juga mempunyai kesempatan, akses serta peluang yang sama dengan laki-laki dalam memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti bidang pendidikan, ekonomi , sosial, politik dan hukum. Atas dasar inilah pada peringatan hari lahir RA Kartini hari ini mengangkat tema “Dengan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak kita wujudkan Generasi tangguh sebagai Kartini Masa Kini” Jelasnya
Nurjannah juga menyampaikan bahwa keterlibatan dan peningkatan peran kaum perempuan dan keluarga dalam pembangunan, juga menjadi bagian yg penting dalam rangka penghapusan segala bentuk deskriminasi dan tindak kekerasan lainnya.
“Mari kita semua kaum perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yg mandiri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya sehingga bersama laki” menjadi kekuatan yg besar dalam membangun keluarga, masyarakat, dan bangsa” Ajak Nurjannah.
Sementara Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungaan Anak, Dra.Hj.A.Nur Lina sekaligus sebagai narasumber pada kegiatan workshop menyampaikan bahwa peserta workhsop hari ini adalah para forum anak latemmamala, forum anak kecamatan dan forum anak kelurahan, Forum anak sengaja dipilih karna forum anak merupakan pelapor dan pelopor untuk mewujudkan generasi tangguh sebagai kartini masa kini.
“Raden Adjeng (RA) Kartini adalah sosok pejuang dan tokoh wanita yang berani dan tegas. Berkat semangat emansipasinya, mengangkat harkat dan derajat kaum wanita, sehingga Kartini menjadi berjasa bagi kaum wanita Indonesia” Ungkapnya


“dalam kesempatan ini, marilah kita mengenang kembali sejarah RA Kartini dan menjadi generasi penerus RA Kartini” Harapnya.
Kegiatan workshop ini ditutup dengan peresmian pojok bermain anak yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh ketua TP.PKK Kab. Soppeng.